Industrialisasi

Industrialisasi

  • Submitted By: ccille
  • Date Submitted: 11/30/2009 5:19 AM
  • Category: Social Issues
  • Words: 3800
  • Page: 16
  • Views: 575

TUGAS
SISTEM EKONOMI INDONESIA
JAKARTA
2009
Industrialisasi abad ke-19
Menjelang tahun 1900, pada saat Indonsia di bawah Kolonial, terutama Jawa, telah membangun banyak sektor manufaktur modern yang sangat besar yang mengolah komoditi-komoditi primer, baik tanaman pertanian (terutama gula) maupun bahan-bahan mentah (terutama minyak), yang berhubungan dengan industri mesin dan logam besar, ditambah oleh kebutuhan umum da sedikit jenis barang konsumen dan bahan bangunan. Dalam kenyataannya, Jawa dominan di Asia Tenggara. Di seluruh Asia, padanannya adalah industri pembuatan serat di Benggala (Kalkuta), pabrik tekstil Osaka Spinning Mill (1882) dan pada 1890-an industri tekstil kapas mulai menjadi sektor terkemuka di Jepang. Meskipun demikian, menjelang awal 1880-an, mekanisasi industri gula di Jawa hampir lengkap. Pada akhir 1900, Surabaya (dan bukan Batavia) memiliki peringkat yang setara dengan Kalkuta, Bombay, dan Osaka di antara pusat-pusat industri terkemuka di Asia.
Pertanyaannya adalah, mengapa Jawa tidak dapat memenfaatkan kemajuan awalnya di bidang industrialisasi? Yang jelas, karena tidak ada kemajuan otomatis dari pembangunan industri modern menjadi industri mandiri. Dalam pengertian counter factual, dapat diajukan pertanyaan mengenai apa yang mungkin penting bagi Jawa pada akhir abad ke-19 untuk mengkonsolidasi keuntungan-keuntungan awalnya? Secara lebih tepat, tugas yang akan dilakukan adalah mengidentifikasi ciri-ciri ekonomi Hindia Belanda baik pada sisi penawaran maupun permintaan yang mungkin telah membatasi dampak pertumbuhan industri kumulatif atau mencegah pengambilan kebijakan-kebijakan yang penting dalam mendorong pertumbuhan tersebut.
Tiga ciri pertumbuhan indusri awal dari Hindia Belanda yang tampaknya telah menghambat keuntungan selanjutnya yang meningkat pesat, yaitu 1). Evolusi sector manufaktur modern yang dipusatan pada pulau Jawa hingga setelah 1900. 2). Mengidentifikasi struktur spasial manufaktur modern, yang...