Konsep Politik

Konsep Politik

  • Submitted By: lesthio
  • Date Submitted: 10/19/2008 12:12 AM
  • Category: Social Issues
  • Words: 3085
  • Page: 13
  • Views: 2706

UNESCO

Seorang individu tidak dapat hidup tanpa bantuan dan kerjasama dengan orang lain, karena pada dasarnya individu butuh bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, manusia mencari cara bagaimana berhubungan dengan orang lain, negara lain dan kelompok lain. Organisasi adalah salah satu cara untuk berhubungan dengan lainnya. Individu melihat Organisasi Internasional sebagai penyalur kepentingannya.
Organisasi Internasional adalah suatu unit sosial yang melintasi batas nasional dan menciptakan suatu kondisi bagi pembentukan perangkat institusional guna mendukung kerjasama antara anggota-anggotanya yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Alasan inilah pada akhirnya menjadi latar belakang yang mendorong masyarakat dunia membentuk suatu Organisasi Internasional. Hal ini terjadi karena :
← Keberagaman kepentingan
← Perbedaan kebutuhan sumber daya
← Keinginan meminimalisasi konflik dengan memaksimalkan kerjasama
Dengan adanya Organisasi Internasional maka dinamika sistem internasional semakin beragam. Karena bagaimana pun, kegiatan Organisasi Internasional dalam dimensi sistem internasional akan terlihat melalui aktor-aktor yang dalam hal ini menjadi sebuah penggerak utama dinamika sistem internasional.
Organisasi internasional untuk seterusnya akan menjadi subjek dalam paper ini. Namun, pembahasannya terbatas pada perspektif historis dan perspektif legal norms.
Pembatasan ini dilakukan dengan alasan bahwa sampai saat ini organisasi internasional telah menjadi salah satu aktor yang cukup menonjol dalam dinamika sistem internasional. Selain itu organisasi internasional juga memegang peranan yang cukup besar dalam dunia internasional. Jadi paper ini akan membahas peran dan fungsi yang dimiliki salah satu organisasi internasional di dunia.









1. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization
UNESCO the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization...