Manajemen Perubahan

Manajemen Perubahan

  • Submitted By: frieda
  • Date Submitted: 02/08/2009 6:33 PM
  • Category: Business
  • Words: 1505
  • Page: 7
  • Views: 1656

Tugas Business Communication

[pic]

Permasalan dan Tantangan Utama dalam Manajemen Perubahan

Perubahan... Kata yang sering terdengar akhir-akhir ini. Perubahan menjadi mutlak jika kita ingin maju dan berkembang.

Mengapa Kita Harus Berubah?
Perubahan adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam manajemen. Setiap pemimpin diukur dari keberhasilan dan kemampuannya memprediksi perubahan dan menjadikan perubahan itu sebagai suatu potensi untuk mencapai tujuan organisasi/ perusahaan. Hidup ini juga selalu bergerak dinamis dan berubah. Menyikapi hal ini, kita dituntut untuk dapat melakukan adaptasi. Jika tidak, kita tidak dapat mengambil keuntungan dari perubahan tersebut.
Sebagai contohnya Bank Mandiri. Dahulu strategi mereka adalah kredit besar atau korporasi. Keputusan ini diambil karena pada waktu itu pemerintah sedang sibuk membangun sektor industri. Tetapi dengan pertumbuhan sekarang ini, justru perusahaan menengah (Small Medium Enterprise/ SME) dan konsumen retail lebih menonjol daripada korporasi besar. Maka dengan cepat pada waktu itu diambil keputusan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Strategi diutamakan pada consumer banking dan sektor perusahaan menengah. Tujuannya adalah agar organisasi dapat maju dua atau tiga langkah ke depan sehingga dapat bertindak lebih baik.
Organisasi yang selalu berubah adalah Citibank. Orang disana selalu capek karena setiap tiga tahun (kadang kurang dari itu) dilakukan perubahan di semua lini : operasi, kredit, dan organisasi. Perubahan ini dimaksudkan agar Citibank selalu selangkah di depan, lebih dinamis, dan lebih baik dari para pesaingnya. Citibank dalam hal ini bertindak proaktif dalam menyongsong perubahan.

Karakteristik Perubahan
Menurut Rhenald Kasali, dalam bukunya Change! ada setidaknya 10 karakteristik perubahan, yaitu:
1. Perubahan begitu misterius karena tidak mudah dipegang dan tidak pasti. Tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno, Soeharto,...