Refleksi Lingkungan Daur Hidup

Refleksi Lingkungan Daur Hidup

Refleksi Lingkungan Daur Hidup

Oleh: Medina Azzahra Hadar

Mata kuliah lingkungan daur hiup mempelajari bagaiman adaur hidup seseorang dari lahir hingga meninggal. Sampai saat ini periode kehidupan yang sudah dibahas (menurut Erik Erikson) adalah fase infancy, fase early childhood, fase preschooler, dan fase school-age childyang mana fase-fase tersebut diamati dengan cara melihat lingkungan dari masing-masing fase tersebut. Untuk kelahiran dengan mengamati tempat persalinan. Fase infancy dari menonton film tentang perkembngan manusia, fase preschooler dengan mendatangi TK dan fase school-age child dengan mendatangi SD dan menonton film.

Sebelum manusia muncul ke dunia, maka manusia akan beraa dalam Rahim ibu dalam waktu sekitar 9 bulan. Saat itu sang bayi akan mengalami perkembangan yang memungkinkannya untuk melewati persalinan normal, karena tentunya persalinan dengan operasi bukanlah sesuatu yang ada pada awal keberadaan manusia. Bentuk tengkorak di kepala manusia yang masih dalam kandungan dirancang untuk dapat keluar dari rahim sang Ibu melalui persalinan normal. Meskipun begitu, tidak semua persalinan berjalan lancar. Sampai saat ini kita masih mendengar bagaimana resiko melahirkan dapat menimbulkan kematian kepada bayi, sang ibu, maupun keduanya. Maka, kunjungan ke tempat persalinan yang berbeda dari tiap kelompok merupakan salah satu langkah untuk mengetahui berbagai fasilitas yang beragam dari kegiatan yng sama, yaitu persalinan, dengan dana yang tentunya menjadi pembeda dari fasilitas yang didapt sang ibu dan bayi.

Hal menarik yang saya dapatkan dari presentasi kelompok mengenai kunjungan ke tempat persalinan adalah, meskipun persalinan adalah proses yang akan dilalui semua wanita yang sehat, namun ternyata dana dapat membedakan proses tersebut. Misalnya pada presentasi beberapa kelompok, dapat terlihat bahwa beberapa responden lebih memilih menggunakan bidan karena selain lebih murah, bidan dapat dipanggil ke rumah....

Similar Essays