Strategic Production Process

Strategic Production Process

Strategi Production Proses

Strategic production process yang dilakukan olen Semen Gresik terdiri atas empat elemen strategi operasional yaitu Revenue Management, Cost Management, Capacity Management dan Increasing Competitive Advantage. Penerapan kegiatan operasional yang konsisten dan fokus kepada empat strategi operasional sebagaimana disebutkan di atas disertai dengan upaya sinergi antara perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam grup Semen Gresik. Revenue Management berarti Perseroan memprioritaskan penjualan produk dengan harga yang reasonable dan pada pasar yang memungkinkan didapatnya harga dengan memberikan profit optimal. Penerapan strategi revenue management yang konsisten dan diupayakan melalui sinergi yang intensif mampu menghasilkan kinerja fundamental yang kokoh. Semen Gresik memprioritaskan pendapatan produk dengan harga yang bersaing dan pada segmen pasar yang memungkinkan penentuan harga dengan profit optimal. Hasilnya, total volume pendapatan produk di tahun 2008 mencapai jumlah 17,7 juta ton, naik 4% dari volume penjualan tahun 2007 sebesar 16,9 juta ton. Volume penjualan tersebut semakin mengukuhkan posisi Semen Gresik sebagai market leader di pasar domestik dengan pangsa pasar 43,7%.

Cost Management merupakan upaya Semen Gresik untuk menekan kecenderungan peningkatan biaya produksi melalui berbagai program efisiensi. Upaya pengendalian biaya membuat Beban Pokok Pendapatan dan Beban usaha di tahun 2007 masing-masing sebesar Rp 5,6 triliun dan Rp 1,604 triliun dibandingkan tahun 2006 sebesar Rp 5,400 triliun dan Rp 1,548 triliun. Hasil ini membanggakan, mengingat pada saat terjadinya kenaikan biaya energi yang merupakan komponen biaya dominan dalam proses produksi berarti Semen Gresik mampu menekan kenaikan beban pokok pendapatan di bawah tingkat laju inflasi.

Capacity Management Semen Gresik, adalah mempersiapkan berbagai cara untuk meningkatkan kapasitas produksi sejak 2007. Di antaranya, peningkatan peralatan produksi...

Similar Essays